Hal-Hal Yang harus di lakukan sebelum bulan puasa

Hasil gambar untuk ramadhan 2017 wallpaper



Marhaban Ya Ramadhan....
Tidak terasa ramdhan 1438 Hijiriah sudah di depan mata..... nah sebelum kita masuk ke bulan ramadhan apkah kalian sudah menyiapkan terlebih dahulu....?
maksud menyiapkan disini bukan dalam bentuk baju baru atau makan banyak ya...
ada beberapa hal yang harus di lakukan sebelum kita memasuki bulan ramadhan yaitu

1. Bayar Hutang Puasa Tahun Kemarin

Ya Sebelum Kita Masuk Ke bulan Puasa yang akan mendatang apakah kita sudah membayar lunas hutang puasa kita tahun lalu...?

istri rasulullah (aisyah) pernah berkata  : "كَانَ يَكُوْنُ عَلَيَّ الصَّوْمُ مِنْ رَمَضَانَ فَمَا أَسْتَطِيْعُ أَنْ أَقْضِيَهُ إِلاَّ فِي شَعْبَانَ ."
("Dahulu aku memiliki tanggungan/hutang puasa Ramadhan, dan tidaklah aku bisa mengqadha’nya (karena ada halangan sehingga tertunda) kecuali setelah sampai bulan Sya’ban.")

2. Saling Bermaafan 

Tidak harus menunggu hari lebaran untuk saling bermaaf . kita juga di anjurkan untuk saling bermaaf pada sebelum bulan puasa yang dimana sudah di terangkan dalam sabda rasulullah 


"من كانت له مظلمة لأخيه من عرضه أو شيء فليتحلله منه اليوم قبل أن لا يكون دينار ولا درهم إن كان له عمل صالح أخذ منه بقدر مظلمته وإن لم تكن له حسنات أخذ من سيئات صاحبه فحمل عليه"

Orang yang pernah menzhalimi saudaranya dalam hal apapun, maka hari ini ia wajib meminta perbuatannya tersebut dihalalkan oleh saudaranya, sebelum datang hari dimana tidak ada ada dinar dan dirham. Karena jika orang tersebut memiliki amal shalih, amalnya tersebut akan dikurangi untuk melunasi kezhalimannya. Namun jika ia tidak memiliki amal shalih, maka ditambahkan kepadanya dosa-dosa dari orang yang ia zhalimi” (HR. Bukhari no.2449)

3. Ziarah 

Dalam Hal ini Tidak ada Dalil apapun yang mengatakan karna hal ini sudah biasa dilakukan scarah turunt temuran jadi tidak adalah anjuan ataupun larangan , namun akankah lebih baiknya untuk ziarah dan membersihkan makam dan juga mendoakanya 







No comments

Powered by Blogger.